Tuesday, February 1, 2011

Perkembangan Penjualan Honda Freed di Indonesia

Hanya dalam satu setengah tahun, Honda Freed telah menjadi pemain utama di segmen MPV menengah (medium). Selama itu pula, kendaraan yang diluncurkan pada pertengahan 2009 ini, telah terjual 22.400 unit (per Desember 2010).

Honda Freed terdiri dari dua varian. Namun mesin dan transmisi sama, yaitu 1,5 liter dan transmisi otomatik. Perbedaannya, adalah cara membuka pintu geser samping. Versi yang lebih wah dan gaya, pintu gesernya dibuka melalui remote, sedangkan yang satu lagi secara manual.

Tahun lalu Honda Freed memperoleh pangsa pasar 27,5 persen di segmennya, yaitu minivan menengah yang terjual 75.774 unit (wholesale). Hal yang menarik, Honda Freed total dijual sebagai kendaraan yang langsung digunakan oleh pembeli dan bukan pemilik armada untuk disewakan.

Di negara asalnya, karena fungsinya yang maksimal dan desainnya yang efisien, kendaraan yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 2008 ini, tahun lalu berhasil menduduk posisi lima besar mobil terlaris di Jepang. Honda Freed menjadi minivan – mobil keluarga dengan 7-penumpang terlaris, hanya kalah dari mobil kompak yang sekarang juga makin menarik bagi orang–orang muda.

Karena merupakan mobil keluarga generasi baru dan lahir dengan konsep yang inovatif, Honda Freed mendapatkan banyak penghargaan dari media otomotif terkemuka di Indonesia. Sepanjang 2010, Honda Freed memperoleh penghargaan: Car of The Year (Otomotif), Best Mini Van (Otomotif), Favorite Medium MPV (AutoCar), Best Value (Car & Tuning Guide), Best Buys (Target Car), Best MPV (mobilmotor), dan Best Compact MPV (Autobild).

Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment