Honda Freed bukan saja menawarkan desain  triangle-square. Banyak konsep  baru yang diberikan mobil terlaris di  Jepang ini, diantaranya:  keamanan penumpang, kelegaan dalam kabin dan  tentu dipadu dengan gaya  baru. “Freed, It’s New Life, Let’s Freed”.
Honde  Freed dikategorikan sebagai mobil multi purpose vehicle (MPV). Model  eksteriornya mengusung konsep triangle-square, bentuk depan segitiga  untuk aerodinamis, sedangkan bagian belakang kotak untuk menghasilkan  kabin terlega.
Model seperti itu, Honda menyebutnya: “It’s A New  Style”. Mereka mengklaim model triangle square yang diusung Freed  berbeda dengan model MPV konvensional yang beredar dipasaran.
Freed  sudah beredar di pasar Indonesia, pasar pertama di dunia yang  mengeluarkan seri ini (setelah negara asalnya Jepang) pada akhir Juni  lalu. Honda Freed adalah mobil berpenumpang 7 orang, di mana bagian  dalam kabinnya terbilang lega. Bangku baris kedua tidak dempet seperti  kebanyakan mobil pada umumnya. Ada jarak antar bangku yang satu dengan  lainnya, fungsinya untuk memudahkan perpindahan penumpang.
Pada  bangku baris ketiga memiliki dua fungsi, selain sebagai tempat duduk  juga bisa “disulap” sebagai bagasi dengan daya tampung kargo 672 liter.  Ilustrasinya, bagasi ini muat empat tas golf berukuran besar dalam  keadaan berdiri. Bukaan pintu bagasi terbilang tinggi, 1.850 milimeter.
Dalam  presentasinya, Jonfis Fandy selaku Marketing dan Aftersales Director PT  Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda Freed sangat stylish dan  berteknologi tinggi”.
Ukuran stylish dan teknologi tinggi yang  dikatakan Jonfis dapat dilihat di desain interior Honda Freed. Pertama  desain dashboard. Freed menerapkan model double layer dashboard untuk  menambah kelegaan dalam kabin. Tingkat pertama dashboard agak menjorok  kedalam guna memberikan ruang lebar tingkat kedua yang bentuk  permukaannya rata.
Tingkat kedua dapat dipakai untuk menaruh berbagai barang seperti laptop.  Ukuran stylish dan teknologi tinggi kedua tereletak di sistem informasi  Freed. Mobil paling laris di Jepang untuk pasar Minivan 2008 (76.395  unit terjual) ini menggunakan multi information LCD. Kegunaanya untuk  memantau rata-rata konsumsi BBM, jarak tempuh dan perkiraan jalan  disesuaikan dengan kesediaan bahan bakar.
Freed menggunakan mesin  i-VTEC 1,5 liter yang menghasilkan kekuatan maksimum 87 kw (110 PS)  pada 6.600 rpm. Torsi maksimumnya 146 Nm pada 4.800 rpm. Sistem  transmisi Freed otomatis dengan lima percepatan.
Dari segi  keamanan, Freed telah meraih rating 6 bintang dari Jepang New Car  Assesment Program. Bintang enam diraih saat simulasi kecelakaan pada  keadaan sebenarnya di fasilitas Honda. Ketika simulasi dilakukan,  peristiwa tabrakan antar mobil (satu mobilnya Freed) tidak berdampak  bahaya bagi pengemudi dan penumpang Freed. Itu berkat, salah satunya  adalah adanya sistem SRS Airbag.
Harga Freed di Indonesia dimulai  dari Rp 237 juta hingga 257 juta (on the road). Freed tersedia dalam  enam pilihan warna. “Tahun ini Freed hanya tersedia 6000 unit,” kata  Jonfis. “Berarti sekarang (Juni) sampai Desember, tinggal enam bulan  waktu kami menjual Freed,” Jonfis menambahkan.
( Sumber : astaga.com ) 

No comments:
Post a Comment