Wednesday, February 16, 2011

Tahun 2011, Honda Tingkatkan Kualitas Purna Jual dan Operasi Dealer Ramah Lingkungan

Pada tahun 2011, Honda akan memberikan fokus utama terhadap kualitas purna jualnya, salah satunya dengan meningkatkan operasi dealer yang ramah lingkungan. Komitmen tersebut didasarkan pada pencapaian penjualan Honda di tahun 2010 yang mencatat rekor tertingginya selama ini serta peningkatan target penjualan di tahun 2011.
Dalam acara “Honda New Year Media Gathering 2011”, yang digelar di Training Center PT Honda Prospect Motor di Jakarta, tanggal 8 Februari 2011, Yukihiro Aoshima, President Director PT. Honda Prospect Motor mengatakan, “Pencapaian penjualan Honda turut didukung oleh komitmen kuat untuk memberikan kualitas produk & pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Kondisi pasar di tahun 2010 yang sangat baik menjadi landasan yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas layanan purna jual, antaralain dengan perluasan jaringan dealer, penambahan fasilitas dealer, penyempurnaan sistem layanan terhadap konsumen hingga operasi yang lebih ramah lingkungan.“

Honda berhasil mencatat rekor penjualannya yang tertinggi di Indonesia pada tahun 2010 lalu, yaitu 61.336 unit dengan pangsa pasar 8%. Tingginya angka penjualan Honda di tahun 2010 didukung oleh peningkatan penjualan yang dialami seluruh model Honda.

Honda Jazz terus mempertahankan predikatnya sebagai market leader dengan meraih pangsa pasar sebesar 42% di kelas hatchback. Penjualan Honda Jazz sendiri mencapai 22.758 unit, meningkat 45% dibanding tahun sebelumnya. Honda CR-V juga menjadi market leader dengan pangsa pasar 36% di kelas SUV. Tahun 2010 lalu, CR-V berhasil mencatat penjualan sebesar 16.961 unit meningkat 68% dibanding tahun 2009.

Di kelas MPV, Honda Freed berhasil mencatat penjualan sebesar 13.500 unit dengan pangsa pasar 13% di kelas MPV. Jumlah penjualan Freed di tahun 2010 pun meningkat 52% dibanding tahun sebelumnya.
Sementara itu, MPV premium All New Honda Odyssey berhasil terjual sebanyak 443 unit sehingga melampaui target penjualan sebanyak 250 unit di tahun 2010.

Di segmen sedan, Honda City meraih angka penjualan sebesar 3.581 unit untuk kelas mini sedan dengan pangsa pasar 34%*. Penjualan City juga mengalami peningkatan 42% dibanding 2009. Di segmen Small Sedan, Honda Civic berhasil meraih angka penjualan sebanyak 2.357 unit dan berhasil menjadi market leader di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 40%. Penjualan Civic meningkat 42,5% dibanding tahun 2009. Sementara itu, sedan Medium Honda Accord berhasil terjual sebanyak 1.736 unit sepanjang tahun 2010 dengan pangsa pasar 26 % di kelasnya. Jumlah tersebut meningkat 161% dibanding penjualan tahun 2009, yang tercatat 666 unit.

Sepanjang tahun 2010 Honda telah membuka 2 dealer baru yaitu Honda Pondok Pinang di Jakarta Selatan, dan Honda Semoga Jaya Prima di Balikpapan, Kalimantan Timur. Selain itu, untuk memberikan layanan yang lebih baik, dua dealer di Jakarta melakukan relokasi dan perbaikan yaitu Honda Mangga Dua dan Honda Arista Jatinegara. Total dealer Honda di seluruh Indonesia hingga tahun 2010 mencapai 86 dealer di 88 lokasi. Hampir semua dealer telah memenuhi standar fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Selain itu untuk memberikan kenyamanan pada saat pelanggan berkunjung ke delaer Honda disediakan fasilitas tambahan untuk konsumen seperti Customer Lounge, Kids Corner, Internet Corner, Wi-Fi, hingga kursi pijat otomatis. Untuk tahun 2011 Honda merencanakan penambahan 4 dealer baru sehingga akan menggenapi jumlah dealer di Indonesia menjadi 90 dealer.

Dalam rangka untuk mengasah kemampuan balap para pembalap berbakat Indonesia, Honda Racing Indonesia kembali menggelar Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) 6 dan berpartisipasi di GT Race. HJSC 6 pada tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tahun ini HJSC akan dikonsentrasikan untuk pembalap Rising Star dan Promotion. Hal ini ditujukan sebagai upaya kami untuk memberikan kesempatan bagi pembalap untuk mengembangkan skill balap dalam hal pembalap maupun tim agar kelak dapat berkiprah di Kejuaraan Nasional.

Pada tahun 2011, Honda juga akan meningkatkan operasi dealer dan bengkel yang ramah lingkungan, atau green dealer. Salah satu program yang dijalankan adalah penggunaan water based paint untuk perbaikan body & paint di bengkel resminya.


Water based paint adalah material cat yang lebih ramah lingkungan karena menggunakan kandungan thinner yang lebih sedikit dibandingkan cat konvensional yang hampir sepenuhnya menggunakan kandungan bahan dasar thinner. Material cat yang digunakan dalam water based paint ini adalah 70% air yang menggunakan demineralize water sebagai pelarutnya. Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan water based paint adalah kandungan VOC yang jauh lebih rendah sehingga lebih aman bagi manusia dan ramah untuk lingkungan. Selain itu, proses pengeringan water-based paint lebih cepat dengan kualitas yang sama dengan cat berbahan dasar thinner.

Program water based paint merupakan bagian dari konsep Green Dealer yang telah diterapkan Honda untuk beberapa dealernya di Indonesia. Selain water based paint, operasi dealer yang ramah lingkungan juga meliputi penggunaan oil trap juga diterapkan untuk mencegah limbah dari oli bekas baik dari oli mesin maupun oli transmisi ini agar tidak mencemarkan lingkungan di sekitar dengan memisahkan saluran pembuangannya dari limbah air sehingga tidak tercampur.

Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, ”Tahun 2011 akan menjadi tahun yang penuh tantangan, namun menyimpan potensi yang sangat baik. Tahun 2011 juga akan membuka dekade baru bagi Honda, yang ditandai dengan keberhasilan Honda mencetak rekor penjualan tertinggi di tahun 2010. Dengan indikator makro ekonomi yang positif di tahun ini dan didukung peningkatan kualitas purna jual serta berbagai aktivitas yang akan kami lakukan, kami yakin penjualan Honda akan kembali meningkat di tahun ini.

Berdasarkan kondisi pasar dan industri otomotif nasional saat ini, pasar otomotif diproyeksikan akan mencatat sejarah baru di Indonesia dengan penjualan sebesar 800.000 unit. Sementara itu, Honda menetapkan targetnya untuk meraih penjualan sebesar 65.000 unit sepanjang 2011, dengan pangsa pasar 8,1%.

Sementara itu, penjualan Honda di bulan pertama di tahun 2011 mendukung tren positif di tahun ini. Sepanjang bulan Januari 2011, sebanyak 4.928 unit mobil Honda terjual di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat 31% jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, Honda Jazz menyumbangkan penjualan terbanyak dengan total 2.467 unit, meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 13,3%. Di bawahnya, Honda CR-V mencatat penjualan 1.179 unit dan Honda Freed sebanyak 1.091 unit. Dari segmen sedan, All New City meraih penjualan 137 unit, Honda Civic terjual 12 unit dan Honda Accord terjual 3 unit. 


( sumber : http://www.honda-indonesia.com ) 

No comments:

Post a Comment