Pada tahun 2011, Honda akan memberikan  fokus utama terhadap kualitas purna jualnya, salah satunya dengan  meningkatkan operasi dealer yang ramah lingkungan. Komitmen tersebut  didasarkan pada pencapaian penjualan Honda di tahun 2010 yang mencatat  rekor tertingginya selama ini serta peningkatan target penjualan di  tahun 2011. 
 Dalam acara “Honda New Year Media Gathering 2011”, yang digelar di  Training Center PT Honda Prospect Motor di Jakarta, tanggal 8 Februari  2011, Yukihiro Aoshima, President Director PT. Honda Prospect Motor  mengatakan, “Pencapaian penjualan Honda turut didukung oleh komitmen  kuat untuk memberikan kualitas produk & pelayanan yang terbaik bagi  konsumennya. Kondisi pasar di tahun 2010 yang sangat baik menjadi  landasan yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas layanan purna jual,  antaralain dengan perluasan jaringan dealer, penambahan fasilitas  dealer, penyempurnaan sistem layanan terhadap konsumen hingga operasi  yang lebih ramah lingkungan.“
Honda berhasil mencatat rekor penjualannya yang tertinggi di Indonesia  pada tahun 2010 lalu, yaitu 61.336 unit dengan pangsa pasar 8%.  Tingginya angka penjualan Honda di tahun 2010 didukung oleh peningkatan  penjualan yang dialami seluruh model Honda. 
Honda Jazz terus mempertahankan predikatnya sebagai market leader   dengan meraih pangsa pasar sebesar 42% di kelas hatchback. Penjualan  Honda Jazz sendiri mencapai 22.758 unit, meningkat 45% dibanding tahun  sebelumnya. Honda CR-V juga menjadi market leader dengan pangsa pasar  36% di kelas SUV. Tahun 2010 lalu, CR-V berhasil mencatat penjualan  sebesar 16.961 unit meningkat 68% dibanding tahun 2009.
Di kelas MPV, Honda Freed berhasil mencatat penjualan sebesar 13.500  unit dengan pangsa pasar 13% di kelas MPV. Jumlah penjualan Freed di  tahun 2010 pun meningkat 52% dibanding tahun sebelumnya. 
Sementara itu, MPV premium All New Honda Odyssey berhasil terjual  sebanyak 443 unit sehingga melampaui target penjualan sebanyak 250 unit  di tahun 2010. 
Di segmen sedan, Honda City meraih angka penjualan sebesar 3.581 unit  untuk kelas mini sedan dengan pangsa pasar 34%*. Penjualan City juga  mengalami peningkatan 42% dibanding 2009. Di segmen Small Sedan, Honda  Civic berhasil meraih angka penjualan sebanyak 2.357 unit dan berhasil  menjadi market leader di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 40%.  Penjualan Civic meningkat 42,5% dibanding tahun 2009. Sementara itu,  sedan Medium Honda Accord berhasil terjual sebanyak 1.736 unit sepanjang  tahun 2010  dengan pangsa pasar 26 % di   kelasnya.  Jumlah tersebut  meningkat 161% dibanding penjualan tahun 2009, yang tercatat 666 unit. 
Sepanjang tahun 2010 Honda telah membuka 2 dealer baru yaitu Honda  Pondok Pinang di Jakarta Selatan, dan Honda Semoga Jaya Prima di  Balikpapan, Kalimantan Timur. Selain itu, untuk memberikan layanan yang  lebih baik, dua dealer di Jakarta melakukan relokasi dan perbaikan yaitu  Honda Mangga Dua dan Honda Arista Jatinegara. Total dealer Honda di  seluruh Indonesia hingga tahun 2010 mencapai 86 dealer di 88 lokasi.  Hampir semua dealer telah memenuhi standar fasilitas dan pelayanan yang  lengkap. Selain itu untuk memberikan kenyamanan pada saat pelanggan  berkunjung ke delaer Honda disediakan fasilitas tambahan untuk konsumen  seperti Customer Lounge, Kids Corner, Internet Corner, Wi-Fi, hingga  kursi pijat otomatis. Untuk tahun 2011 Honda merencanakan penambahan 4  dealer baru sehingga akan menggenapi jumlah dealer di Indonesia menjadi  90 dealer.
Dalam rangka untuk mengasah kemampuan balap para pembalap berbakat  Indonesia, Honda Racing Indonesia kembali menggelar Honda Jazz Speed  Challenge (HJSC) 6 dan berpartisipasi di GT Race. HJSC 6 pada tahun ini  akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tahun ini HJSC akan  dikonsentrasikan untuk pembalap Rising Star dan Promotion. Hal ini  ditujukan sebagai upaya kami untuk memberikan kesempatan bagi pembalap  untuk mengembangkan skill balap dalam hal pembalap maupun tim agar kelak  dapat berkiprah di Kejuaraan Nasional.
Pada tahun 2011, Honda juga akan meningkatkan operasi dealer dan bengkel  yang ramah lingkungan, atau green dealer. Salah satu program yang  dijalankan adalah penggunaan water based paint untuk perbaikan body  & paint di bengkel resminya. 
Water based paint adalah material cat yang lebih ramah lingkungan karena  menggunakan kandungan thinner yang lebih sedikit dibandingkan cat  konvensional yang hampir sepenuhnya menggunakan kandungan bahan dasar  thinner. Material cat yang digunakan dalam water based paint ini adalah  70% air yang menggunakan demineralize water sebagai pelarutnya.  Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan water based paint adalah  kandungan VOC yang jauh lebih rendah sehingga lebih aman bagi manusia  dan ramah untuk lingkungan. Selain itu, proses pengeringan water-based  paint lebih cepat dengan kualitas yang sama dengan cat berbahan dasar  thinner.  
Program water based paint merupakan bagian dari konsep Green Dealer yang  telah diterapkan Honda untuk beberapa dealernya di Indonesia. Selain  water based paint, operasi dealer yang ramah lingkungan juga meliputi  penggunaan oil trap juga diterapkan untuk mencegah limbah dari oli bekas  baik dari oli mesin maupun oli transmisi ini agar tidak mencemarkan  lingkungan di sekitar dengan memisahkan saluran pembuangannya dari  limbah air sehingga tidak tercampur. 
Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda  Prospect Motor mengatakan, ”Tahun 2011 akan menjadi tahun yang penuh  tantangan, namun menyimpan potensi yang sangat baik. Tahun 2011 juga  akan membuka dekade baru bagi Honda, yang ditandai dengan keberhasilan  Honda mencetak rekor penjualan tertinggi di tahun 2010. Dengan indikator  makro ekonomi yang positif di tahun ini dan didukung peningkatan  kualitas purna jual serta berbagai aktivitas yang akan kami lakukan,  kami yakin penjualan Honda akan kembali meningkat di tahun ini. 
Berdasarkan kondisi pasar dan industri otomotif nasional saat ini, pasar  otomotif diproyeksikan akan mencatat sejarah baru di Indonesia dengan  penjualan sebesar 800.000 unit. Sementara itu, Honda menetapkan  targetnya untuk meraih penjualan sebesar 65.000 unit sepanjang 2011,  dengan pangsa pasar 8,1%.
Sementara itu, penjualan Honda di bulan pertama di tahun 2011 mendukung  tren positif di tahun ini. Sepanjang bulan Januari 2011, sebanyak 4.928  unit mobil Honda terjual di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat 31%  jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. 
Dari jumlah tersebut, Honda Jazz menyumbangkan penjualan terbanyak  dengan total 2.467 unit, meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 13,3%.  Di bawahnya, Honda CR-V mencatat penjualan 1.179 unit dan Honda Freed  sebanyak 1.091 unit. Dari segmen sedan, All New City meraih penjualan  137 unit, Honda Civic terjual 12 unit dan Honda Accord terjual 3 unit. 
( sumber : http://www.honda-indonesia.com ) 

No comments:
Post a Comment