Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan  program penggantian komponen Lost Motion Spring yang terdapat pada  lengan penggerak (rocker arm) mesin VTEC untuk sebagian Honda Jazz, City  dan Freed yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Jumlah total unit  yang teridentifikasi di dalam program ini adalah 30.252 unit, dengan  Vehicle Identification Number sebagai berikut : 
HONDA Freed
(10,592 unit)
Produksi May 2009 – Feb 2010
MHRGB3***9J000006  ~ 007186
MHRGB3***AJ000001  ~ 001229
Catatan : *** menjelaskan seluruh tipe dan varian 
Komponen Lost Motion Spring, yang berfungsi menekan rocker arm pada  putaran mesin rendah, setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan  patah sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal. Dalam  kemungkinan yang terburuk, berpotensi menyebabkan mesin mogok. 
Hingga saat ini, sebanyak 15 kasus telah dilaporkan berhubungan dengan  kerusakan komponen tersebut di Indonesia. Semua kasus tersebut terjadi  dalam kondisi mobil sedang berhenti (stasioner), sesaat setelah mesin  dihidupkan. Dalam kasus-kasus tersebut, bunyi abnormal yang berlebihan  akan muncul dan dapat terdengar. Tidak ada laporan mengenai kecelakaan  atau cedera yang pernah terjadi. 
HPM berinisiatif untuk mengganti komponen Lost Motion Spring pada semua  mobil konsumen yang teridentifikasi tanpa mengenakan biaya, dan akan  memberikan pemberitahuan secara langsung kepada para pemilik mobil yang  teridentifikasi tersebut melalui surat yang dikirimkan oleh Dealer. 
Konsumen yang mobilnya teridentifikasi disarankan untuk melakukan  booking di bengkel resmi Honda untuk penggantian komponen. Proses  penggantian komponen ini memakan waktu sekitar 3 jam. Aktivitas  penggantian komponen ini mulai berjalan dari tanggal 28 Februari 2011 di  seluruh Jawa, serta dari tanggal 2 Maret 2011 untuk wilayah luar Jawa.  Program ini akan berlangsung selama 6 bulan. 
HPM menjalankan program ini sebagai bagian dari program global yang  dijalankan oleh Honda Motor untuk memastikan standar yang paling ketat  untuk seluruh produknya. 
“Merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk  kami berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas,  bahkan ketika produk tersebut telah berada di tangan konsumen selama  bertahun-tahun. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi  berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk demi mencapai  kepuasan pelanggan,” ungkap Yukihiro Aoshima, President Director PT  HPM.
Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer  Care di nomor telepon 0-800-1122-789 dari Senin-Jumat dari jam 09.00 –  17.00 WIB  atau dealer resmi Honda terdekat.  

No comments:
Post a Comment